Indonesia English
 
IMFI Terbitkan Obligasi Kedua Kalinya di 2013
30/December/2013

Setelah Mei lalu PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) menerbitkan Obligasi sebesar Rp 612 miliar, Desember 2013, IMFI kembali menerbitkan Obligasi dengan jumlah emisi sebesar Rp 210 miliar.

 

Obligasi yang diterbitkan ini merupakan tahap ke-3 dari Obligasi Berkelanjutan sebesar Rp 4 triliun yang dapat diterbitkan IMFI sampai bulan Mei 2014. Obligasi Berkelanjutan Tahap I sebelumnya diterbitkan di bulan Mei 2012 dengan nilai Rp 1,3 triliun. Sedangkan Tahap II diterbitkan di bulan Mei 2013 sebesar Rp 612 miliar. Dengan diterbitkannya Obligasi Berkelanjutan Tahap III, maka total Obligasi Berkelanjutan yang sudah diterbitkan adalah sebesar Rp 2,122 trilliun.

 

Obligasi ini diterbitkan untuk menanggapi permintaan pasar terhadap surat hutang IMFI. Dengan skema PUB maka penerbitan obligasi dapat dilaksanakan begitu ada permintaan dari investor dengan proses tidak lebih dari 2 bulan.

 

Penerbitan Obligasi PUB I Tahap III ini didukung oleh Joint Lead Underwriter yang terdiri dari beberapa sekuritas ternama di Indonesia. PT Indo Premier Securities, PT May bank Kim Eng Securities, PT RHB OSK Securities Indonesia, dan PT Kresna Graha Sekurindo adalah keempat sekuritas yang bertanggung jawab dalam Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi tersebut. Selanjutnya, dari total target penerbitan obligasi sebesar Rp 4 triliun ini, IMFI masih mengantongi hak untuk menerbitkan kurang lebih Rp 1,878 triliun. Hal ini jelas dapat mendukung kebutuhan pendanaan IMFI di tahun berikutnya.

 

"Tentunya, skema Obligasi Berkelanjutan ini sangat menguntungkan IMFI karena kami masih memiliki hak untuk menerbitkan Obligasi dengan jumlah yang lumayan besar dan dana tersebut bisa kami dapatkan tanpa proses yang rumit. Jika mengingat potensi masyarakat yang besar untuk memilih produk investasi dengan tingkat bunga relatif menguntungkan dan risiko obligasi relatif lebih aman dibandingkan dengan instrumen ke uangan lainnya, di tahun 2014 kami yakin rencana penerbitan Obligasi PUB I Tahap IV akan terlaksana sesuai dengan ekspektasi IMFI untuk mendukung aktivitas pembiayaan konsumen di tahun 2014," imbuh Gunawan.