Indonesia English

 
Mari Berkendara Bijak dan Hemat dengan Eco Driving/Riding
30/December/2020

Eco Driving

Mari Berkendara Bijak dan Hemat dengan Eco Driving/Riding

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di jalan berdampak pada tingginya volume penggunaan bahan bakar yang diikuti dengan polusi udara. Hal ini akan memperanguhi kualitas dan kelestarian lingkungan hidup terlebih pada pemanasan global.  Oleh karena itu, mari beralih ke Eco Driving/Riding guna mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup kita!

 

Apa itu Eco Driving/Riding?

 

Eco Driving/Riding merupakan teknik berkendara mobil/motor yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan bakar, mengurangi polusi di udara dan juga berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Selain dapat menghemat bahan bakar, penerapan teknik ini juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan kendaraan bermotor.

 

Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari teknik berkendara Eco Driving/Riding :

    1. Hemat BBM

Mesin yang menggerakan kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi. Cermat dalam mengoptimalkan daya kerja mesin akan menghemat BBM.

    2. Mengurangi Emisi Kendaraan Bermotor

Penghematan penggunaan bahan bakar tidak hanya ramah di kantong, tapi juga sekaligus mengurangi produksi karbonmonoksida (CO) atau emisi dari kendaraan bermotor.

    3. Berkontribusi Terhadap Kelestarian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat.

Mengurangi karbonmonoksida dan hidrokarbon yang dihasilkan kendaraan bermotor dapat berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global dan peningkatan penyakit saluran pernafasan bagi masyarakat.

    4. Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan

Menjaga jarak aman dan selalu memerhatikan kondisi serta situasi jalan akan meminimalisir terjadinya kecelakaan agar selamat sampai tujuan.