Indonesia English
 
Rapat Koordinasi Koordinator Marketing, Collection dan Administrasi Cabang se-Indonesia 2017
02/March/2018

Sebagai salah satu agenda rutin tahunan yang dilakukan perusahaan untuk memonitor performa cabang dan untuk menjembatani sarana komunikasi antara pusat dan cabang diluar aktivitas harian maka di kuartal 1 tahun 2017  IMFI mengadakan serangkaian Rapat Koordinasi (Rakor) yang dimulai dengan Rakor Koordinator Marketing dan Collection pada tanggal 1 - 4 Maret 2017 serta dilanjutkan dengan Rakor Koordinator dan Training Administrasi pada tanggal 8 – 11 Maret 2017 di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta.

 

 

Rakor Admin

 

Pembukaan Rakor Marketing dan Collection kali ini dihadiri lengkap oleh Direksi yakni Jusak Kertowidjojo (Presiden Direktur), Gunawan Effendi (CEO) dan Edy Handojo (Direktur). Dalam kesempatan tersebut, Jusak Kertowidjojo, menyampaikan beberapa arahan dalam kata sambutannya guna menghadapi tantangan bisnis kedepan. Jusak menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan kedepan, dimana perekonomian belum signifikan membaik, kita harus pintar melihat peluang yang ada di sekitar kita. Misalnya, cabang-cabang yang biasanya lebih fokus membiayai R2, bisa memberikan perhatian yang lebih untuk produk lainnya, terutama R4 New dan Used karena potensi pembiayaan mobil masih sangat besar.

 

Sedangkan pada pembukaan Rakor Administrasi dimana Direksi diwakili oleh Gunawan Effendi dan Edy Handojo diberikan juga wejangan mengenai internal control yang disampaikan oleh Gunawan Effendi kala itu.. Gunawan Effendi menyampaikan bahwa setiap cabang  wajib menerapkan kontrol internal terhadap cabangnya sendiri. Setiap karyawan juga harus memiliki sense of belonging (rasa memiliki) atas aset (harta) yang dimiliki perusahaan sehingga harta tersebut kita akan jaga sebaik mungkin. Apa saja yang menjadi harta perusahaan? Mulai dari gedung kantor kita sampai dokumen kredit, itu semua adalah harta. Di mata konsumen, mereka akan menilai apakah kantor kita sudah bersih, apakah pelayanan kita bagus. Di mata rekanan kita, mereka akan menilai apakah kita punya kerjasama yang baik. Selain  adanya rasa kepedulian terhadap harta perusahaan, kita juga harus bisa mengontrol setiap biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing cabang. Bagian administrasi  layaknya seperti mengurus rumah tangga, oleh karena itu biaya yang kita keluarkan harus dikelola dengan baik agar menjadi efisien.

 

 

 

 

Rakor Marketing dan Collector

 

Di kesempatan yang sama Gunawan juga menekankan pentingnya peraturan perusahaan. Peraturan yang sudah dibuat, harus bisa ditaati. Disamping itu, rekan - rekan Admin di cabang hendaknya tidak hanya disibukkan dengan pekerjaan rutin sehari-hari  saja, tetapi juga dapat membantu Kacab memikirkan cabang untuk ke depannya, misalnya perbaikan apa saja yang bisa dibuat. Berpikirlah  lebih kreatif dan inovatif untuk  membantu meningkatkan volume pembiayaan. Misalkan dengan menawarkan konsumen R2 yang sudah akan lunas untuk mengambil kredit R4, kredit multiguna untuk kebutuhan renovasi rumah atau kebutuhan lainnya. ”IMFI saat ini juga telah memiliki mobile application baru yakni EZ For You dan Microfinancing yang bisa untuk disosialisasikan ke konsumen di cabang,” tambah Gunawan.

 

Rakor yang diadakan kali ini mempunyai dua agenda utama yaitu evaluasi hasil kinerja marketing, collection dan administrasi di tahun 2016 beserta rencana kerja di tahun 2017 dan pelaksanaan training marketing, collection dan administrasi dengan tambahan berbagai informasi terbaru yang dapat menunjang kinerja di cabang.

 

Pada sesi evaluasi hasil kinerja para peserta mempresentasikan hasil kerja yang sudah dilakukan di 2016 dan rencana kerja 2017 yang dinilai oleh tim evaluator yang terdiri dari Direktur Operasional serta beberapa Kepala Divisi dan Kepala Departemen IMFI. Selanjutnya dalam in-class training berbagai training dan informasi diberikan kepada para peserta mulai dari informasi/training mengenai Skema Pembiayaan Terbaru, Penjelasan dan Teknik Perhitungan Tariff Acquisition Cost (TAC), analisa kredit, simulasi target performance sampai dengan sosialisasi fasillitas pembiayaan untuk kepemilikan properti bagi karyawan IMFI dan pembekalan hukum untuk kolektor.

 

Kiranya Rakor kali bisa memberikan banyak informasi serta arahan yang tepat bagi rekan – rekan di cabang sebagai panduan untuk pelaksanaan kerja selama 1 tahun ke depan. Sampai jumpa di Rakor 2018 tahun depan!

                                                                                                                             

“Dari Rakor kemarin saya dapat informasi banyak. Saya dapat pengetahuan soal fidusia, kasus-kasusnya, solusinya. Di cabang saya (Pelabuhan Ratu) kasus fidusia baru ramai belakangan ini, pemahaman juga masih terbatas. Untungnya di rakor kali ini ada materinya. Saya akan langsung sebarkan ke tim saya di cabang.”

- Ridwan Malik (Koordinator Kolektor Pelabuhan Ratu)

“Rakor itu yang pasti banyak manfaatnya, selama ini apa yang kita tidak paham, disini bisa tahu detailnya, lalu dapat pengetahuan yang baru. Biasanya saya akan melakukan kunjungan dan sosialisasi ke cabang-cabang di area Jabar. Tapi kalau yang koordinatornya sudah ikut di rakor ini, nanti dia yang akan sosialisasi langsung ke cabang masing-masing.”

- Boedhi Maetri (FAD Head Area Jawa Barat)

“Selama Rakor kemarin saya merasa ada materi yang baru pertama kali saya terima, sedangkan dari pemateri merasa sudah memberikan. Disitu saya merasa bahwa ternyata salah paham masih terjadi dan komunikasi pusat dengan cabang masih banyak kekurangannya. Harapan saya hal-hal seperti ini bisa dikurangi dan komunikasi harus lebih lancar lagi.”

- Agil Wahyudi (Koordinator AO Kudus)

“Rakor kali ini menurut saya bagus karena jadwal kelasnya lebih on time. Mengatur waktunya sangat rapi, tidak seperti Rakor sebelumnya yang sempat berubah-rubah jadwalnya.”

- Christiana (Admin Cabang Soe)

“Rakor yang kemarin menurut saya sedikit tergesa-gesa. Saya selalu merasa waktu kurang, apa yang ditanyakan tidak sempat dijawab. Apalagi untuk kolektor informasi soal legal atau aturan-aturan collection dari pusat kan penting sekali untuk sehari-hari. Jadi sayang kalau sampai terpotong waktu.”

- Aom Muhaemin (Koordinator Kolektor Matraman)

“Menurut saya Rakor kali ini materinya bagus, banyak info-info baru. Rakor ini juga bagus untuk monitoring cabang. Pembicaranya juga bagus dan asyik sehingga bisa membuat kita yang mendengarkan jadi semangat. Materi training dan ilmu-ilmu yang saya dapat saat sharing dari teman-teman cabang lainnya bisa saya share juga ke teman-teman saya yang di cabang. Mudah-mudahan bisa membantu kita yang di Sorong.”

- Sukartini (Koordinator Admin Cabang Sorong)

“Saya sudah lima kali ikut rakor. Rakor yang kali ini sangat membantu, terutama bagian Legal dan RC, karena kami kan kolektor. Dari presentasi kami tahu aliran per kolektor, flowrate, cara mengukur kualitas kolektor, info-info di lapangan.”

- Ildam Surya (Koordinator Kolektor Solok)

“Saya baru pertama kali ikut Rakor. Rasanya seru karena bertemu dengan rekan-rekan yang lain. Bisa berbagi masalah-masalah di cabang, bisa berbagi ilmu, juga bisa dapat ilmu dari mereka.”

- Tommy Septian (Admin Cabang Bandar Jaya)

“Saya cukup puas dengan materi rakor kemarin, hanya saja saya punya satu usulan. Setelah rakor kita pasti langsung membuat activity plan atau menjalankan permintaan-permintaan dari evaluator. Saya inginnya tidak perlu menunggu satu tahun, kita bisa ada evaluasi pertengahan tahun, begitu,”

- Rizkan Kartapura (Koordinator CMO Kelapa Gading)

“Keseluruhan kegiatan Rakor ini berjalan lancar dari awal datang hingga pulang ke masing-masing cabang. Menurut saya kendala selama acara ini tidak ada, semua lancar sejak saya datang hari Rabu pagi.”

- Heru (Admin Cabang Pangakalan Bun)

“Saya kemarin cukup beruntung karena dapat presentasi terbaik untuk kelas  Marketing. Kalau ditanya kiat-kiat untuk bisa jadi yang terbaik, saya rasa sederhana saja. Saya persiapkan baik-baik materi yang saya tampilkan. Saya masukan chart performance saya di cabang selengkap-lengkapnya. Saya juga banyak diskusi dengan Kacab saya soal target dan pencapaian cabang. Yang disampaikan juga ringkas, jadi menarik dan tidak membosankan.”

- Ronaldi Zarwin (Koordinator CMO Bandung)

“Sebagai seorang Admin, kita diajarkan untuk pintar bagi waktu untuk kerja. Apalagi nanti di Atambua produk IMFI juga lengkap, dari R2, R4, dan CV.”

- Dahlia Mahya (Admin Cabang Atambua)