Indonesia English

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai Perseroan yang sudah lebih dari 2 (dua) dekade bergerak di bidang industri jasa pembiayaan nasional, Perseroan menyadari bahwa keberlangsungan bisnisnya tidak semata hanya ditopang oleh kinerja keuangan yang positif, tetapi juga ditunjang oleh aktivitas bisnis yang sehat. Oleh karenanya, dalam menjalankan aktivitas bisnis maupun operasionalnya sehari-hari, Perseroan memandang penting keseimbangan yang tercipta di antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, yang diyakini dapat membentuk citra positif yang kuat bagi Perseroan, serta dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di masa depan. Guna merealisasikan hal tersebut, Perseroan secara rutin mengadakan kegiatan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility ”CSR”), dimana kegiatan ini telah sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, terutama di Pasal 74 (1) yang mengatur tentang kegiatan CSR.  Bagi Perseroan, program dan kegiatan CSR merupakan salah satu aspek penting dalam menjalin hubungan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan. Setiap tahunnya, Perseroan secara rutin mengadakan kegiatan CSR sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan kelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Total dana CSR tahun 2018 yang diberikan adalah sebesar Rp144 juta.

 

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan Hidup

 

Landasan Kebijakan

Meskipun kegiatan bisnis utama Perseroan tidak bersentuhan langsung dengan sumber daya alam, Perseroan tetap berkomitmen untuk senantiasa menerapkan prinsip kehatihatian dan selalu mendukung peningkatan kualitas lingkungan hidup dengan melakukan berbagai upaya. Melalui kebijakankebijakan yang ada, Perseroan terus mengusahakan terciptanya iklim bisnis yang sehat dan kondusif dengan menjamin bahwa setiap kegiatan operasional dan bisnis yang dijalankan sehari-hari tidak mengakibatkan lingkungan di sekitar perusahaan menjadi tercemar. Oleh karenanya, dalam menyusun standar kebijakan operasional Perseroan, aspek keseimbangan ekosistem lingkungan hidup menjadi bagian penting yang tak dapat dipisahkan. Setiap tahunnya, Perseroan senantiasa memastikan aspek efisiensi dalam hal pemakaian material energi dan air. Selain itu, Perseroan juga menjamin bahwa pengelolaan limbah yang dijalankan oleh Perseroan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.

 

Kegiatan CSR Lingkungan Hidup Tahun 2018

 

Penggunaan Material Ramah Lingkungan

Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup, Perseroan telah menerapkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan hal tersebut dan wajib dipatuhi oleh seluruh insan Perseroan baik di kantor pusat maupun di kantor-kantor cabang. Hingga saat ini, beberapa kebijakan yang sudah dijalankan oleh Perseroan diantaranya penghematan penggunaan kertas yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan kertas bekas untuk mencetak dokumen-dokumen yang bersifat internal dan memanfaatkan email blast kepada karyawan di kantor pusat dan kantor-kantor cabang untuk melakukan sosialisasi kebijakan perusahaan atau pengumuman lainnya.

 

Penghematan Energi

Selain pemanfaatan material yang ramah lingkungan, Perseroan juga melakukan penghematan energi dalam menjalankan kegiatan bisnis dan operasionalnya sehari-hari. Hingga saat ini, beberapa upaya kebijakan penghematan energi yang telah dijalankan Perseroan baik di kantor pusat maupun di kantor cabang, antara lain mengganti seluruh lampu kantor menjadi lampu berjenis LED, mematikan semua lampu serta AC saat jam pulang kantor atau ketika ruangan sudah tidak digunakan. Meski demikian, pengoperasian listrik dan AC setelah jam kantor tetap dapat dilakukan namun aksesnya terbatas hanya untuk zona karyawan yang sedang bekerja lembur di luar jam operasional kantor (overtime).

 

Sistem Pengolahan Limbah

Sampai saat ini, pengelolaan limbah Perseroan masih dikelola oleh pihak ketiga yaitu PT Multi Central Aryaguna sebagai pemilik dan pengelola gedung kantor Perseroan. Secara teknis, pengelolaan limbah sampah Perseroan dilakukan dengan memisahkan sampah yang dapat didaur ulang dengan yang tidak. Kemudian sampah yang tidak dapat didaur ulang akan diangkut secara berkala ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sementara itu, pengelolaan limbah dalam bentuk cairan dilakukan dengan sistem Sewage Treatment Plant.

 

Mekanisme Pengaduan Masalah Lingkungan

Perseroan bersifat terbuka terhadap setiap masukan yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan termasuk dalam hal pengaduan. Oleh karena itu, Perseroan senantiasa bersedia untuk memfasilitasi dan mengkoordinasikan setiap pengaduan yang masuk terkait masalah lingkungan kepada PT Multi Central Aryaguna sebagai pemilik sekaligus pengelola gedung kantor Perseroan.

 

Tanggung Jawab Terhadap Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3)

 

Landasan Kebijakan

Dalam menjalankan kegiatan bisnis dan operasional seharihari,Perseroan memandang karyawan sebagai aset dan senantiasa menempatkannya sebagai salah satu pemangku kepentingan yang utama guna terciptanya iklim bisnis yang kondusif dan harmonis. Perseroan juga menyadari bahwa praktik ketenagakerjaan yang dilandasi dengan hubungan kerja yang baik antara Perseroan dengan karyawan merupakan prasyarat utama dalam mencapai visi, misi, dan tujuan Perseroan. Senada dengan hal tersebut, sebagai entitas bisnis yang profesional dan sudah diakui kredibilitasnya, Perseroan selalu tunduk pada perundangundangan dan regulasi yang berlaku di Indonesia, tidak terkecuali dalam hal tenaga kerja, yaitu UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, UU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, dan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Perseroan senantiasa mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) karyawan dalam menjalankan kegiatan operasional seharihari. Dalam implementasinya, Perseroan berkomitmen untuk senantiasa menjamin keselamatan dan kesehatan kerja seluruh karyawan yang merupakan aset penting bagi perusahaan.

 

Kegiatan CSR Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Tahun 2018

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Perseroan telah melaksanakan beberapa kegiatan CSR yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja, yaitu:

 

Kesetaraan Gender dan Kesempatan Kerja

Perseroan senantiasa membuka kesempatan yang sama dan seluas-luasnya kepada seluruh karyawan dan calon karyawan baru tanpa memandang perbedaan agama, etnis, ras, status sosial,warna kulit, jenis kelamin, ataupun kondisi fisik lainnya. Perseroan senantiasa menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) dengan tidak bertindak diskriminatif dalam melakukan proses rekrutmen karyawan dan selalu mendasarkan keputusannya pada hasil evaluasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Sarana & Keselamatan Kerja

Perseroan memandang bahwa aspek keselamatan karyawan dalam menjalankan aktivitas operasional dan bisnis sehari-hari merupakan hal penting yang wajib mendapatkan porsi perhatian besar dari level manajemen. Oleh karenanya, Perseroan secara berkala melakukan simulasi prosedur keselamatan dan evakuasi yang bekerja sama dengan PT Multi Central Aryaguna sebagai pemilik gedung dan wajib diikuti oleh seluruh karyawan Perseroan. Selain itu, Perseroan juga memiliki standard dan prosedur tersendiri yang mengatur tentang antisipasi penanggulangan bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. untuk menunjang kesehatan dan keselamatan karyawan saat bekerja, Perseroan telah menyediakan peralatan keselamatan di setiap lorong ruangan kantor yang terdiri dari Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Hydrant, smoke detector, sprinkler, alarm darurat, dan diagram jalur evakuasi. Selain itu, Perseroan juga selalu menyediakan kotak P3K sebagai antisipasi apabila terjadi kecelakaan kerja ringan sewaktu bekerja.

 

Tingkat Turnover Karyawan

Di sepanjang tahun 2018 jumlah karyawan Perseroan tercatat sebanyak 3.625 karyawan atau meningkat 6,43% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 3.406 karyawan. Pada tahun ini, Perseroan telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 1.083 karyawan atas alasan sudah mencapai usia pensiun, mengundurkan diri, diberhentikan karena alasan kesehatan, contract ended, dan failed for trainee. Pelaksanaan PHK dilakukan oleh Perseroan dengan mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku serta berpedoman pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang mengatur tentang proses berakhirnya hubungan kerja, panduan pelaksanaan pemutusan hubungan kerja serta hak dan kewajiban karyawan ketika hubungan kerjanya berakhir.

 

Tingkat Kecelakaan Kerja

Pada tahun 2018, Perseroan tidak mencatat adanya kecelakaan kerja yang menimpa karyawan saat sedang menunaikan tugas dan tanggung jawabnya. Terkait hal tersebut, Perseroan menjamin bahwa seluruh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja karyawan sepenuhnya ditanggung oleh pihak Jasa Raharja, BPJS Tenaga Kerja/Trauma Center BPJS Tenaga Kerja dan Personal Accident Allianz Indonesia. Total penggunaan BPJS Kesehatan Perseroan di sepanjang tahun 2018 adalah sebesar Rp6.982.125.737, sementara untuk total penggunaan BPJS Tenaga Kerja Perseroan tercatat sebesar Rp14.211.728.926.

 

Kesetaraan Dalam Program Pendidikan dan Pelatihan

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas seluruh karyawan, Perseroan secara berkala menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan yang wajib diikuti oleh seluruh karyawan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing unit divisi agar setiap insan Perseroan dapat memberikan kontribusi yang optimal kepada perusahaan. Perseroan menjamin bahwa setiap karyawan memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengikuti seluruh program pendidikan dan pelatihan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan rencana pengembangan organisasi perusahaan.

 

Remunerasi Karyawan

Sistem remunerasi karyawan yang berlaku di Perseroan sudah sesuai dengan perundang-undangan dan regulasi di bidang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia. Hingga akhir tahun 2018, besaran remunerasi seluruh karyawan telah disesuaikan dengan nominal di atas standar Upah Minimum yang berlaku di wilayah operasional Perseroan.

 

Mekanisme Pengaduan Masalah Ketenagakerjaan

Perseroan menyadari bahwa karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis usaha di masa depan. Sebagai bentuk upaya Perseroan dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif, Perseroan senantiasa menjamin agar hak seluruh karyawan selalu terpenuhi. Oleh karena itu, Perseroan Selalu bersikap terbuka terhadap setiap masukan/ saran maupun pengaduan yang masuk dari setiap karyawan, baik yang berasal dari karyawan di kantor pusat maupun di kantor cabang.

 

Tanggung Jawab Terhadap Produk dan Pelanggan

 

Informasi Produk

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jasa, Perseroan menyadari bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama keberhasilan dalam menjaga keberlangsungan usaha perusahaan. Oleh karenanya, Perseroan senantiasa mengoptimalkan semua layanan yang ada kepada pelanggan dan selalu bersikap terbuka atas setiap masukan demi meningkatkan kualitas layanan Perseroan kepada seluruh pelanggan. Berkaitan dengan hal tersebut, Perseroan telah menyediakan beragam informasi yang transparan, akurat, dan terkini mengenai produk dan jasa yang disediakan Perseroan melalui situs web resmi di: www.indomobilfinance.comyang dapat diakses oleh seluruh pihak. Hal ini sekaligus menjadi salah satu wujud komitmen Perseroan dalam meningkatkan nilai perusahaan di mata seluruh pemangku kepentingan. Pelanggan dapat menghubungi Perseroan melalui media-media tersebut selama 5 hari dalam satu minggu (Senin-Jumat, pukul 08.30 – 17.30). Selain melalui media di atas, Perseroan juga selalu siap melayani dan menindaklanjuti setiap aduan baik oleh pelanggan yang datang langsung ke kantor cabang maupun pelanggan yang menyampaikan keluhannya melalui surat dan media massa.

 

Sarana Pengaduan

Saat ini, Perseroan telah memiliki sistem pengaduan pelanggan yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan pertanyaan, informasi maupun keluhan, melalui:

Customer Care :

 +62 21 29185400 (phone)

 +62 8121231230 (sms)

Email : customer.care@indomobilfinance.com

Website : www.indomobilfinance.com(menu Layanan Konsumen/Consumer Services menu)

 

Berita

  1. IMFI Berikan Bantuan Air Bersih untuk Delapan Desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
  2. IMFI Berikan Bantuan Pendidikan Kepada 30 Anak Difabel
  3. IMFI Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Bandang di Sentani, Jayapura
  4. IMFI Berikan Bantuan Program Teach Cast untuk Empat Panti Asuhan di Jakarta dan Tanggerang
  5. IMFI memberikan bantuan Korban Banjir kepada masyarakat di Desa Setako Raya, Desa Rauh Ranap, dan Desa Rantau Prapat
  6. Joint CSR IMFI-HFI-SIF
  7. IMFI Berikan Bantuan Air Bersih untuk Lima Desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
  8. IMFI Berikan Bantuan Program Teach Cast untuk Tiga Sekolah di Jawa Tengah