Indonesia English
Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan III Indomobil Finance Dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2017
21/May/2017

Hari ini tgl 26 Mei 2017, bertempat di Hotel Ritz Carlton – Pacific Place, Jakarta PT Indomobil Finance Indonesia (Perseroan) melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan atas Obligasi Berkelanjutan III Dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2017 dengan nilai emisi sebesar Rp 500 miliar. Penawaran Umum Obligasi ini akan menjadi penerbitan obligasi yang ke-13 kalinya sejak pertama kali Perseroan mencari pendanaan melalui pasar modal di tahun 2004. Total obligasi yang telah diterbitkan Perseroan adalah Rp 7,712 triliun dan sampai dengan 30 April 2017 telah dilunasi sesuai jatuh tempo sebesar 69% dari total obligasi yang diterbitkan.

 

Sepanjang tahun 2017, Perseroan telah melunasi obligasi yang jatuh tempo sebesar Rp 1,031 triliun dan menerbitkan obligasi baru di bulan Maret sebesar Rp 410 miliar. Penerbitan obligasi yang baru ini memiliki kupon yang lebih rendah dibandingkan dengan kupon obligasi yang telah dilunasi sehingga menurunkan rata-rata biaya dana (average cost of fund) Perseroan.

 

Obligasi ditawarkan dalam 4 seri, yaitu Seri A (370 hari), Seri B (3 tahun), Seri C (4 tahun) dan Seri C (5 tahun). Obligasi ditawarkan dengan kisaran kupon sebesar 7.25% - 7.75% untuk seri A, 8.25% - 8.70% untuk seri B, 8.50% - 9.00% untuk seri C, dan 8.75% - 9.25% untuk seri D.

 

Perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan efek hutang jangka panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan peringkat idA (single A). Peringkat ini diberikan kepada Perseroan karena sinergi usaha yang kuat dengan Indomobil Grup, profil asset – liability management yang kuat serta portfolio bisnis yang terdiversifikasi. Dana yang diperoleh Perusahaan dari hasil emisi akan digunakan untuk modal kerja pembiayaan.

 

Perusahaan yang telah ditunjuk oleh Perseroan sebagai Penjamin Pelaksana Emisi untuk penerbitan obligasi kali ini adalah PT CIMB Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indopremier Sekuritas, PT RHB Sekuritas Indonesia dan PT OCBC Sekuritas Indonesia. Sedangkan PT Bank Mega Tbk ditunjuk sebagai Wali Amanat.

      

Ki-Ka : Shiantaraga (Direktur PT OCBC Sekuritas Indonesia), Bernardus Sumargo (PT RHB Sekuritas Indonesia), Gunawan Effendi (Wakil Presiden Direktur IMFI), Jusak Kertowidjojo (Presiden Direktur IMFI), Susanty Wijaya (Direktur DBS Vickers), Yuniar Restanto (PT Indo Premiere Sekuritas), Martin Simorangkir (Direktur PT CIMB Skuritas Indonesia)

 

Acara Penawaran Umum Berkelanjutan atas Obligasi Berkelanjutan III Dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2017