Indonesia English

    Tahan Belanja, Tabung Angpau-nya, Yuk!
     
     
     
     
    Mendekati Tahun Baru Imlek, dekorasi di pusat perbelanjaan dan toko-toko mulai dipenuhi dengan ornamen bernuansa merah dan kuning emas. Toko-toko pun juga mulai menjual amplop merah dengan gambar sesuai shio pada tahun tersebut. Kehadiran amplop merah (angpau) saat Tahun Baru Imlek merupakan hal yang dinanti-nantikan bagi mereka yang merayakannya. 
     
    Setelah memperoleh angpau, tidak jarang uang tahun baru tersebut digunakan untuk berbelanja. Membelanjakan uang yang didapatkan memang tidak dilarang, namun alangkah baiknya jika angpau bisa berkembang dan bertambah. Yuk, kita lihat 4 hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh untung dari tabungan angpau. 
     
    1. Buka rekening tabungan
    Jika sebelumnya Anda sudah memiliki rekening bank untuk transaksi sehari-hari, sebaiknya Anda membuka rekening terpisah khusus untuk menabung. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda melacak biaya tabungan dan mencegah tabungan terpakai untuk keperluan rutin.
     
    Setiap bank menawarkan keuntungan yang berbeda-beda bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan. Anda dapat mempelajari produk terlebih dahulu dan mempertimbangkan beberapa hal seperti minimal setoran awal, bunga per bulan, biaya administrasi, dan saldo minimal di rekening. 
     
    2. Reksa dana
    Kalau Anda ingin menabung sambil berinvestasi, reksa dana adalah pilihan yang cukup aman. Anda dapat memulai dengan modal kecil (minimal Rp10.000 hingga Rp50.000) dan modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi agar Anda dapat memperoleh keuntungan dengan risiko rendah. Namun perlu diingat bahwa ada kemungkinan merugi saat menabung menggunakan reksa dana. 
     
    3. Investasi Emas
    Salah satu cara menabung yang menguntungkan, aman, dan cukup stabil adalah dengan menabung emas. Bukan hanya emas dalam bentuk perhiasan, Anda juga dapat memiliki emas murni mulai dari 0,01 gram hingga 100 gram. Nantinya Anda dapat mencetak emas menjadi emas batangan atau dicairkan menjadi uang tunai. 
     
    Menabung logam mulia ini adalah pilihan yang meyakinkan karena emas memiliki nilai yang relatif stabil dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, likuiditas emas cukup tinggi atau mudah dicairkan.
     
    4. Deposito
    Pilihan menabung lainnya adalah dengan membuka deposito di bank. Dengan menabung menggunakan deposito, Anda dapat memperoleh bunga yang umumnya lebih tinggi dari tabungan jenis lainnya dan risiko yang rendah. Hanya saja minimum setoran di awal relatif tinggi (umumnya berkisar dari 8-10 juta rupiah) dan pencairan hanya dapat dilakukan setelah jangka waktu tertentu. 
     
    Empat opsi menabung ini tentunya perlu dipelajari lebih jauh agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan tujuan masing-masing individu. Di Tahun Baru Imlek ini mari kita bersama mulai menabung untuk meraih impian seperti memiliki rumah atau kendaraan di masa depan. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan pembiayaan untuk mewujudkan impian, IMFI hadir sebagai perusahaan pembiayaan yang andal dan terpercaya untuk membantu Anda dengan mudah. Kunjungi situs www.ivory.imfi.co.id untuk informasi lebih lanjut.
     
    Sumber:
    - gajiagesa.com 
    - bankraya.com
    - dbs.id
    - cimbniaga.co.id
    - sikapiuangmu.co.id
    - katadata.co.id