Indonesia English

    Tips Mengelola Keuangan secara Efektif ala Raditya Dika

     

     
    Apakah Anda familiar dengan film berjudul Marmut Merah Jambu? Jika ya, Anda tentunya mengenal Raditya Dika, penulis novel, skenario, dan sutradara dari film populer ini. Selain berprofesi sebagai penulis, sutradara, komikus, dan content creator, Radit juga seorang tokoh muda yang cukup aktif membagikan tips mengelola keuangan sejak dini. 
     
    Di usianya yang ke-38 tahun, Radit dapat dibilang tidak mengejar uang atau penghasilan lagi. Ia telah memiliki biaya yang cukup untuk menjalani hari tuanya nanti sebagai hasil dari investasi dan pengelolaan uangnya. Dikutip dari unggahan Instagram Story-nya, Radit menyampaikan bahwa dana yang diperlukan untuk pensiun setara dengan biaya hidup selama setahun dikali 25. Mari simak tips mengelola keuangan efektif ala Raditya Dika.
     
    1. Mencatat pengeluaran setiap bulan
    Menurut Radit, angka tidak pernah berbohong. Dengan mencatat pengeluaran setiap bulannya, Anda dapat mengetahui berapa uang yang Anda keluarkan dan untuk apa saja. Selain itu, catatan pengeluaran juga dapat membantu Anda menentukan berapa pendapatan yang perlu Anda miliki agar dapat menciptakan arus kas (cash flow) yang positif.
     
    2. Bedakan gaji dengan pendapatan
    Umumnya gaji adalah upah atau imbal balik yang dibayarkan oleh pemberi kerja kepada pekerja, sedangkan pendapatan adalah uang yang didapatkan dari berbagai macam sumber. Memahami perbedaan antara gaji dan pendapatan inilah yang membantu Radit mengumpulkan dana pensiunnya.
     
    Radit menekankan untuk tidak berpaku pada besar atau kecilnya gaji. Ubah pola pikir dari cara mendapatkan gaji yang besar menjadi cara memiliki pendapatan yang besar, misalnya dengan memanfaatkan kemampuan menulis, membuka usaha seperti online shop, atau usaha lainnya sehingga sumber pendapatan tidak hanya dari gaji saja.
     
    3. Kenali tujuan akhir dari pengelolaan keuangan
    Masing-masing individu memiliki tujuan akhir masing-masing. Ada yang menabung untuk liburan atau keliling dunia, ada yang mengumpulkan modal usaha dan dana pendidikan, ada juga yang ingin hidup nyaman di usia pensiun. Maka dari itu, sebelum menyusun strategi pengelolaan keuangan, Anda perlu mengetahui dan mengenali tujuan akhir Anda.
     
    4. Pelajari instrumen investasi dan pilih yang tepat
    Ada ragam instrumen investasi yang tersedia saat ini dan setiap instrumen memiliki tingkat risiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Sebelum memilih instrumen investasi, penting bagi Anda untuk mempelajari sistem, cara jual beli, risiko hingga keuntungan dari instrumen tersebut. Setelah memahami instrumen investasi, pilihlah satu atau beberapa yang cocok dengan tujuan akhir keuangan Anda. 
     
    Radit sendiri memulai perjalanan investasinya dari deposito karena risikonya yang cenderung rendah. Ia kemudian melanjutkan investasi ke beberapa instrumen reksa dana yang berjalan bersamaan. Radit juga mengingatkan kalau investasi adalah cara untuk memenuhi tujuan, bukan hanya untuk menambah kekayaan.
     
    5. Cermat dan bijak dalam membeli
    Cara lain yang diterapkan Radit dalam pengelolaan keuangannya adalah menjadi pembeli yang cermat dan bijak dengan mengutamakan kualitas untuk jangka panjang. Contohnya, ia lebih memilih membeli barang seharga 15 juta dan bisa dipakai puluhan tahun dibandingkan membeli barang 1 juta namun hanya bertahan 2 tahun. Dengan meminimalisir pengeluaran, uang dapat dialokasikan ke investasi atau tabungan. 
     
    Itulah beberapa cara mengelola keuangan ala Raditya Dika. Tentunya ada cara-cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatur finansial sesuai kebutuhan Anda. Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah, namun dengan terus belajar dan mengikuti perkembangan finansial mengelola keuangan bukanlah hal yang mustahil. 
     
     
     
    Sumber: 
    - finance.detik.com
    - blog.amartha.com
    - fimela.com
    - theasianparent.com
    - kompas.com
    - cermati.com